BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM
(ONE DAY ONE LINE NAHWU [ODOLINA])
Petunjuk Teknis: Baca berulang-ulang sampai hapal kalimat bercetak tebal dan juga contohnya, penulis sarankan dilakukan secara klasikal (minimal 3 orang)
PELAJARAN 1
BAB KALAM
- Kalam
ialah lafadz yang musnad, mufid yang disengaja.
Contohnya : جَاءَ زَيْدٌ
S : Apakah yang dinamakan kalam?
J : Kalam ialah lafadz yang musnad, mufid yang disengaja.
- Kalimah ialah lafadz yang mufid dan mufrod.
Contohnya : زَيْدٌ
S : Apakah yang dinamakan kalimah?
J : Kalimah ialah lafadz yang mufid dan
mufrod.
- Kalimah dibagi tiga : isim (kata benda), fi’il (kata kerja), huruf.
S : Kalimah dibagi berapa? Sebutkan!
J : Kalimah dibagi tiga : isim (kata benda), fi’il (kata kerja), huruf.
- Tanda-tanda
kalimah isim ada 4 : tanwin, al, dibaca jer, kemasukan huruf jer.
Huruf jer ada 10 : min, ilaa, ‘an, ‘alaa, fii, rubba, ba’, kaf, lam, huruf qosam.
Contohnya : مُسْلِمٌ, اَلْمُسْلِمُ, مُسْلِمِ, بِمُسْلِمِ.
S : Tanda-tanda kalimah isim ada berapa? Sebutkan!
J : Tanda-tanda kalimah isim ada 4 : tanwin, al, dibaca jer, kemasukan
huruf jer.
- Tanda-tanda
kalimah fi’il ada 4: qod, siin, saufa, ta’ ta’nist sakinah.
Contohnya :
قَدْ جَاءَ , سَيَقُوْلُ, جَائَتْ.
S : Tanda-tanda kalimah fi’il ada berapa? Sebutkan!
J : Tanda-tanda kalimah fi’il ada 3: qod, siin, ta’ ta’nist sakinah.
- Kalimah huruf ialah kalimah selain kalimah isim dan kalimah fi’il.
Contohnya : مِنْ.
S : Apakah yang dinamakan kalimathhuruf?
J : Kalimat huruf ialah selain kalimah isim dan kalimat fi’il.
*NB : Untuk
pelajaran 2 dan selanjutnya, jawab diisi sesuai dengan materi hafalan (yang bercetak tebal).
PELAJARAN 2
BAB I’ROB
1.
I’rob
ialah perubahan akhir kalimah karena adanya amil yang masuk.
S : Apakah yang
dinamakan i’rob?
2.
I’rob
dibagi 4 : rofa’, nashob, jer, jazem.
S : I’rob dibagi berapa? Sebutkan!
3.
I’rob
jer khusus pada kalimah isim, i’rob jazem khusus pada kalimah fi’il.
PELAJARAN
3
BAB ALAMAT
I’ROB ROFA’
1.
Alamat
i’rob rofa’ ada 4 : dhummah, wawu, alif, tetapnya nun.
S : Alamat i’rob rofa’ dibagi berapa? Sebutkan!
2.
Dhummah
menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat pada 4 tempat : isim mufrod, jamak taksir, jamak muannats salim, fi’il mudhori’.
Contohnya : اَحْمَدُ,
اَعْبَدُ, مُسْلِمَاتٌ,
يَنْصُرُ.
S : Dhummah menjadi alamat i’rob rofa’
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
3.
Wawu
menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat pada 2 tempat : jamak mudzakar salim dan asmaul khomsah.
Contohnya : مُسْلِموْنَ, اَبُوْكَ
S : Wawu menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat
pada berapa tempat? Sebutkan!
4.
Yang
dinamakan asma’ul khomsah ialah abun, akhun, hamun, fuu, dzuu.
S : Apakah yang dinamakan asma’ul khomsah?
5.
Alif
menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat pada 1 tempat yaitu isim tasniyyah.
Contohnya : زَيْدَانِ.
S : Alif menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat
pada berapa tempat? Sebutkan!
6.
Tetapnya
nun menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat pada 1 tempat yaitu af’alul khomsah.
Contohnya : يَنْصُرُوْنَ.
S : Tetapnya nun menjadi alamat i’rob rofa’
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
7.
Yang
dinamakan af’alul khomsah : yaf’alaani, taf’alaani, yaf’aluuna, taf’aluuna,
taf’aliina.
S : Apakah yang dinamakan af’alul khomsah?
PELAJARAN
4
BAB ALAMAT
I’ROB NASHOB
1.
Alamat
i’rob nashob ada 5 : fathah, alif, kasroh, ya’, hadfu nun.
S : Alamat i’rob nashob ada berapa? Sebutkan!
2.
Fathah
menjadi alamat i’rob nashob bertempat pada 3 tempat : isim mufrod, jamak
taksir, fi’il mudhori’.
Contohnya : زَيْدًا,
رِجَالًا,
اَنْ يَضْرِبَ.
S : Fathah menjadi alamat i’rob nashob
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
3.
Alif
menjadi alamat i’rob nashob bertempat pada 1 tempat yaitu asmaul khomsah.
Contohnhya: اَبَاكَ.
4.
Kasroh
menjadi alamat i’rob nashob bertempat pada 1 tempat yaitu jamak muannats salim
Contohnya: مُسْلِمَاتٍ.
S : Alif menjadi alamat i’rob nashob
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
5.
Ya’
menjadi alamat i’rob nashob bertempat pada 2 tempat: isim tasniyyah dan jamak mudzakar salim.
Contohnya: مُسْلِمَيْنِ,
مُسْلِمِيْنَ.
S : Ya’ menjadi alamat i’rob nashob bertempat
pada berapa tempat? Sebutkan!
6.
Hadfu
nun menjadi alamat i’rob nashob bertempat pada 1 tempat yaitu af’alul khomsah.
Contohnya: اَنْ يَفْعَلَا .
S : Hadfu nun menjadi alamat i’rob
nashob bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
PELAJARAN
5
BAB ALAMAT
I’ROB JER
1.
Alamat
i’rob jer ada 3 : kasroh, ya’, fathah.
S : Alamat i’rob jer ada berapa? Sebutkan!
2.
Kasroh
menjadi alamat i’rob jer bertempat pada 3 tempat : isim mufrod, jamak taksir,
jamak muannats salim.
Contohnya: بِزَيْدٍ,
بِرِجَالٍ,
بِمُسْلِمَاتٍ.
S : Kasroh menjadi alamat i’rob jer
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
3.
Ya’
menjadi alamat i’rob jer bertempat pada 3 tempat : asma’ul khomsah, isim
tasniyyah, jamak mudzakar salim.
Contohnya: بِاَبِيْكَ,
بِالْمُسْلِمَيْنِ,
بِالْمُسْلِمِيْنَ
S : Ya’ menjadi alamat i’rob jer
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
4.
Fathah
menjadi alamat i’rob jer bertempat pada 1 tempat yaitu isim ghoiru munshorif.
Contohnya: بِاَحْمَدَ.
S : Fathah menjadi alamat i’rob jer
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
5.
Isim ghoiru
munshorif ialah kalimah isim yang tidak bisa menerima tanwin.
S : Apakah yang dinamakan isim ghoiru munshorif?
PELAJARAN
6
BAB ALAMAT
I’ROB JAZEM
1.
Alamat
i’rob jazem ada 3 : sukun, hadfu harfi ‘illat, hadfu nun.
S : Alamat i’rob jazem ada berapa? Sebutkan!
2.
Sukun
menjadi alamat i’rob jazem bertempat pada 1 tempat yaitu fi’il mudhori’ shohih akhir.
Contohnya: لَمْ يَضْرِبْ .
S : Sukun menjadi alamat i’rob jazem
bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
3.
Hadfu
harfi ‘illat menjadi alamat i’rob jazem bertempat pada 1 tempat yaitu fi’il
mudhori’ mu’tal akhir.
Contohnya: لَمْ يَخْشَى .
S : Hadfu harfi ‘illat menjadi alamat
i’rob jazem bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
4.
Hadfu
nun menjadi alamat i’rob jazem bertempat pada 1 tempat yaitu af’alul khomsah.
Contohnya: لَمْ يَفْعَلَا
S : Hadfu nun menjadi alamat i’rob
jazem bertempat pada berapa tempat? Sebutkan!
Kesalahan tulisan atau materi dapat disampaikan kepada penulis.
BalasHapusDi lagu lagu mungkin bisa lebih menarik 😊
BalasHapusSudah ada di TA kng Pras, ini yg pake metode apalan ghorib & tajwid
HapusTerima kasih sarannya, Ustadzah....
Hapus